Belajar Instalasi Jaringan

Posted: Oktober 17, 2010 in Kisah

Hampir 4 tahun kuliah di salah satu kampus di kota Surabaya. Alhasil tahun ke-4 merupakan tahun yang membawa ilmu. Dan benar – benar merasakan bahwa kuliah bukan hanya harus berkutat dengan rumus-rumus yang menurut saya sendiri sulit untuk diaplikasikan di negara Indonesia yang sedang berkembang ini.

Singkat cerita, dijurusanku ingin dipasang akses internet dalam gedung, yang mana mengambil akses dari gedung yang jaraknya lumayanlah jauhnya. Pelajaran pertama, bagaimana gedung satu bisa berinteraksi dengan gedung lain (internet). modal yang saya tahu hanyalah menghubungkan kabel LAN dari gedung yang sudah memiliki akses internet. eh ternyata ga, dengan menggunakan AP ( access point ) ternyata gedung satu bisa akses internet dengan mengambil DNS dari gedung lain. oh gitu caranya…hal ini dinamakan repeater. Dapat ilmu tambahan neh selain nuruni rumus.

Kemudian yang lain adalah crimping kabel belden, awalnya sih ga tau caranya crimping. kemudian diajari deh oleh karyawan di jurusan. Sehari dipelajari langsung bisa. takut-takut mencoba, alhamdulillah lancar.

Dari kejadian ini, akhirnya sekarang seneng banget utak atik di dunia jaringan internet. Banyak ilmu yang masih harus dipelajari selain ini. aku pasti bisa.

kalo ada niat ( ga lupa ikhtiar ) dan doa…pasti bisa tercapai…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s