Fisika itu Asyik !!!

Posted: Agustus 10, 2008 in Artikel

Bener apa kata para pakar fisika, seperti Pak Yohanes Suryo, terutama bagi yang sangat menggemarinya. Sekali terkena virus fisika, wuih langsung deh klepek – klepek. Bisa – bisa lupa sama yang lain. Lihat aja tuh teman – teman kita yang menang olimpiade fisika. Sayangnya bagi teman – teman yang kurang begitu gemar fisika, pasti ada kesalahan dalam belajar. Fisika bukan hanya berkutat dengan teori saja. Fisika itu bisa diaplikasikan ke lingkungan, tapi inilah realita. Kita belajar fisika, hanya dan hanya memahami teori dan rumus – rumus belaka. Tapi kita tidak pernah memahami dunia luar.

Banyak banget, di dunia fantasi kan ada rollercoaster, kora – kora dan masih banyak lagi. Nah itu baru sebagian kecil dari aplikasi ilmu fisika. Nah, coba bagi para pengajar, khususnya guru SD, SMP, maupun SMA, kita ubah cara mengajar kita yang hanya berkutat pada teori dan rumus. InsyaAllah siswa pasti senang belajar fisika dengan metode yang berbeda.

Termasuk diri saya, saya juga mahasiswa fisika, bagi para lulusan fisika pasti tahu bahwa fisika di tingkat perguruan tinggi dibagi dalam bidang – bidang. Nah, kalau saya sendiri senang di fisika instrumentasi. Kenapa ? ini kelebihannya, fisika instrumentasi ga hanya belajar teori tapi juga aplikasi. Ya lumayan, biar kita bisa analisis instrument yang ada di perusahaan. Kalau di teori, capek otak ku. Ya maaf nih sebelumnya, bukan maksud untuk menjelek – jelekkan bidang lain, tapi ini kan yang saya rasakan. Dan ini cuma pendapat saya saja.

Fisika itu memang asyikkan, sangat asyik. Kita bisa paham se-detail mungkin masalah yang kita hadapi, beda sama yang dari teknik, coba aja tanya tentang prinsip dari diode, paling cuma tahu cara kerja dari dioda yang hanya sebagai penyearah, tapi ga tahu detail sampai bisa menyearahkan arus. So, kita harus bangga jadi pelajar fisika. Ga usah minder sama teman – teman dari jurusan teknik.

Hidup Fisika!!!

Komentar
  1. jhoni mengatakan:

    hgghg
    ghghg
    ghghghg

  2. jhoni mengatakan:

    menaggapi pendapat saudara tentang anak teknik yang taunya makai doang: hati2 lo ye klau ngomong. sok cerdas bgt seh loh, sama aja lo bilang gua goblok.

  3. jhoni mengatakan:

    emangnya sehebat apa seh loh, seberapa seh ilmu loh brani ngomentarin org segala. Hrapan saya, agar anda berhati2 dalam menulis artikel, saya sebgai org teknik tersinggung berat…..Jangan cari lawan yach… RENDAH HATI LAH KAU DENGAN ILMU MU, KARENA SESUNGGUHNYA ILMU ITU MILIK PENCIPTAMU, BUKAN JADI AJANG KESOMBONGAN BAGIMU.
    (harap dimaklumi pernyataan saya yg sedikit nyeleneh buat komentarin pernyataan yang lebih nyeleneh)

  4. Hasan Seru mengatakan:

    Aryoooo….. ada PR buat kamu, lihat diblogku… kamu harus melakukan apa yang aku lakukan…

    http://hasanjunaidi.wordpress.com/2008/10/14/pr-yang-tersendat-sendat/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s