Tanah Airku bukan Tanah Milik Sendiri !

Posted: Agustus 9, 2008 in Artikel

*/tulisan ini dibuat untuk lomba posting

picture from radioclinic.com

“ Maju tak gentar membela yang benar, Maju tak gentar pasti kita bisa “.

Sebelumya penulis memohon maaf, apabila lirik dari lagu maju tak gentar diganti. Semoga pencipta mengerti, ini hanya sebuah gugahan terhadap bangsa Indonesia agar lebih mengerti akan hakikat kemerdekaan. Bukan sekedar merdeka dari jajahan bangsa colonial belanda, tetapi juga merdeka dari jajahan bangsa sendiri.

Apabila kita sering upacara, baik itu upacara kemerdakaan maupun upacara rutin di hari Senin. Sering sekali kita membacakan teks UUD 1945, sampai – sampai kita hafal dari awal sampai akhir. Tapi apa sebenarnya tujuan pembacaan teks UUD 1945 ? Ini yang seharusnya kita pertanyakan.

“…..Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa,…..”.

Undang – Undang Dasar 1945 seperti sebuah harapan bangsa Indonesia akan keinginannya memilik negara yang bebas dari penjajahan, negara yang merdeka dengan kehidupan yang adil dan makmur. Tapi apa yang terjadi sekarang ini, sungguh sangat disayangkan keinginan yang didamba – dambakan hanya sebuah mimpi belaka. Siapa yang makmur, cerdas dan merdeka ?

Mari kita bersama – sama, maju tak gentar membela rakyat tertindas, maju tak gentar hancurkan korupsi, maju tak gentar tegakkan kebenaran. Pasti kita bisa. Jika ada niat, apa salahnya dicoba. Jika kita cinta dengan tanah air kita, buktikan! Dari kita kecil, coba kita tanamkan dalam diri kita akan cinta tanah air, dengan menyimpan dalam memori otak kita bahwa kita tidak akan korupsi, belajar dengan sungguh dan memanfaatkan segala kemampuan dalam diri kita untuk kemaslahatan umat manusia. Mengapa tidak ?

Korupsi merupakan salah satu contoh yang tidak manusiawi, karena korupsi memakan hasil yang tidak halal. Korupsi merupakan salah satu nafsu kepentingan individu untuk menyejahterakan diri sendiri tanpa melihat masyarakat sekitar yang hidupnya sangat memprihatikan. Ironi memang, inilah bangsa Indonesia. Seperti kejadian di salah satu kota di propinsi Jawa Barat, uang dari pemerintah hanya digunakan untuk membangun pagar rumah dinas bupati, sedangkan sekolah – sekolah masih sangat membutuhkan dana tersebut untuk memperbaiki inventaris sekolah. Kapan bangsa ini akan cerdas ? Ya Cerdaslah, cerdas untuk menggunakan dana bagi kepentingan diri sendiri. Ya…semoga kita sadar.

Nah ini nih tugas bagi kita para generasi muda, generasi yang pastinya mengenyam pendidikan, generasi yang harus menerima imbas dari pemerintahan yang morat – marit, generasi yang terkena imbas krisis moneter maupun krisis moral. Bangun bangsa ini menjadi bangsa yang benar – benar merdeka, merdeka dari siksaan bangsa sendiri. Sangat mudah untuk mencintai tanah air Indonesia, hal – hal kecil pun bisa kita lakukan, dengan cara apa ? Diantaranya sekolah dengan benar, jangan buang sampah sembarangan, menyisihkan sebagian uang jajan untuk beramal, menanamkan dalam diri kita untuk tidak menjadi pembantunya orang asing maupun pemerintah, kenapa ? Karena kalau kita jadi pembantu pemerintah atau orang asing, kita hidup dari mereka. Yang susah nanti kita juga dan masyarakat. Salah satu korbannya adalah PKL ( Pedagang Kaki Lima ), sering tuch di TV mereka di gusur oleh SatPol PP. Iya tidak ? Punya siapa SatPol PP.

Inilah tanah airku, tapi tanah airku bukanlah milikku seorang. Tetaplah penguasa pemilik tanah air ini adalah Tuhan Yang Maha Esa, dan kita umat manusia hanya sebagai peminjam. Jadi, seharusnya kita umat manusia sadar diri, jangan hanya korupsi saja, makan uang rakyat. Bagaimana Indonesia bisa jaya, kalau kita hanya cinta diri sendiri. Pergerakan tak akan pernah berhenti hingga dunia ini benar – benar akan lenyap ditelan oleh waktu.

Semoga Indonesia bisa terbebas dari korupsi dan kemelaratan. MERDEKA ! MERDEKA !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s