FISIKA BISA KE MANA SAJA, GA BOHONG LHO !

Posted: Agustus 6, 2008 in Artikel

Fisika, mungkin terdengar mengerikan bagi para pelajar Indonesia. Kata siapa ? ya kata pelajar yang ga bisa fisika-lah. Fisika di Indonesia merupakan bidang pendidikan yang paling tidak digemari oleh para pelajar yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Kenapa ? salah satu penyebabnya dikarenakan tidak jelasnya tempat kerja para lulusan fisika. Paling – paling jadi guru.

Susah kalau bicara ilmiah dengan bangsa Indonesia. Rata – rata pengisi bangku kuliah di jurusan fisika adalah para pelajar yang semasa di SMP maupun SMA adalah peserta olimpiade Fisika. Salah satu survey yang telah dilakukan di salah satu kampus ternama di kota Surabaya, rata – rata yang mengisi bangku kuliah jurusan Fisika adalah mereka yang pernah berkecimpung di Olimpiade Fisika. Salah satunya penulis artikel ini. Sunggu ironi ya jurusan Fisika di tanah air. Tapi jangan sedih dong, kita sebagai para fisikawan muda bisa mengubah image tersebut. Fisika bisa ke mana saja, tidak semua para mahasiswa fisika luntang lantung setelah lulus, rata – rata mereka sukses di bidang Fisika, sebagai apa ? bukan hanya sebagai guru fisika, tapi bisa lebih dari itu.

Tidak percaya ? Silahkan buktikan. Salah satu guru fisika saya sewaktu di SMA merupakan lulusan fisika, sekarang berprofesi ganda bukan hanya sebagai guru fisika tetapi juga sebagai programmer. Tapi inilah image yang susa dibangun, di jurusan fisika tempat saya kuliah, saya merasa dosen hanya mengembangkan kecerdasan teoritis saja, tetapi tidak mengembangkan skill para mahasiswa. Alhasil mahasiswa pintar dalam bidang teori, tapi aplikasinya kurang. Tapi jangan kaget lho, walaupun hanya bisa teori, setelah lulus kerjanya di perusahaan minyak dunia. Ga nyangka ya.

Ayo Rame – rame jadi fisikawan, kita bangun Indonesia.

Komentar
  1. Lukman Hakim mengatakan:

    setuju banget mas! bravo orang fisika
    kunjungi physics2008.wordpress.com demi persaudaraan fisika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s